Halaman

SEROJA

Selasa, 19 Oktober 2010

Taman Baca PPAP Seroja

               Kunjungan pertama kami di seroja yaitu hari rabu, 13 Oktober 2010 pukul 10.00 WIB. Pada saat itu di Seroja sedang ada peliputan dari Unicef PBB. Kegiatannya diisi dengan acara nonton film bareng dan pembuatan kerajinan sandal. Meski kami dalam social work ini berada dalam kelompok Taman Baca, namun khusus untuk hari itu kami ikut terlibat dalam seluruh kegiatan di Seroja. Menonton film bersama dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Selesai menonton film, istirahat sejenak dengan pemberian snack dari pengurus untuk para penghuni seroja. Setelah itu pembuatan kerajinan sandal. Kegiatan ini diikuti oleh adik-adik penghuni seroja. Mereka diberi pola dari gambar-gambar kartun animasi. Terlihat antusiasme yang tinggi dari adik-adik seroja. Kami ikut mendampingi mereka dalam pembuatan kerajinan sandal. Hal ini menjadi pengalaman pertama kami dan bahan belajar untuk kami. Kegiatan ini pun berakhir kurang lebih pukul 12.30 WIB.

Kesan : Bergabung dalam kegiatan seroja cukup menyenangkan dan menarik. Banyak pelajaran yang dapat kami ambil dari kegiatan ini. Salah satunya yaitu kami jadi mengetahui bagaimana cara pembuatan kerajinan sandal. Para penghuni seroja cukup “welcome” terhadap kami dan pihak luar lain yang datang bergabung. Bisa berinteraksi dengan para penghuni seroja yang sebagian besar anak-anak “yang terpinggirkan” merupakan suatu pengalaman tersendiri  bagi kami.

Pesan : melihat respon yang baik dan antusiasme yang tinggi dari para penghuni seroja, pesan dari kami agar kegiatan-kegiatan di seroja dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Intensitas komunikasi dan perhatian dengan para penghuni seroja lebih ditingkatkan.

Rencana kami ke depan : untuk ke depannya dari kelompok kami akan tetap mendampingi adik-adik seroja melalui program Taman Baca. Mengajak dan mengenalkan pentingnya membaca buku kepada adik-adik seroja. Mengadakan suatu inovasi pendampingan yang dapat menumbuhkan minat membaca mereka antara lain dengan pemberian hadiah kepada adik-adik yang berhasil membaca satu buku sampai selesai atau yang bersedia membacakan buku cerita kepada teman-temannya yang mungkin belum bisa membaca. Mungkin rencana ini bisa sedikit berubah karena kami akan melihat dahulu bagaimana pelaksanaan program Taman Baca ini sebelumnya, karena pada kunjungan pertama kami ke seroja program Taman Baca ini tidak diadakan.

0 komentar:

Posting Komentar